Strategi Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita di SLB N Cendono

  • Eka Maulidatuz Zulfa Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Dinda Fanis Norvalisa institut agama islam negeri kudus
  • Fita Ariani institut agama islam negeri kudus
  • Fina Tri Wahyuni institut agama islam negeri kudus
Keywords: Matematika, Tunagrahita, SLB

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Cendono. Anak tunagrahita merupakan anak berkebutuhan khusus dengan kelemahan intelektual di bawah rata-rata, sehingga memerlukan pendekatan pendidikan yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara dan observasi langsung sebagai instrumen pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan lima peserta didik kelas 2 di SLB Negeri Cendono.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang efektif melibatkan penggunaan alat peraga sederhana dan kegiatan konkret yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Guru menerapkan beberapa strategi utama, yaitu membuat pelajaran mudah dipahami, memeriksa kemampuan belajar peserta didik, dan menggunakan Program Pembelajaran Individual (PPI). Misalnya, konsep matematika diajarkan melalui aktivitas interaktif seperti penggunaan uang koin untuk memahami nilai, penjumlahan, dan pengurangan.

 

 

 

 

 

Published
21-08-2024
Abstract views: 62 , PDF downloads: 69