Pengaruh Model Project Based Learning Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Candrika Kumaralalita, Emi Pujiastuti, Tri Sri Noor Asih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) siswa kelas X SMA Negeri 5 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model PjBL berdiferensiasi dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning (DL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai KBKM siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL berdiferensiasi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model DL, yang ditunjukkan oleh hasil uji perbedaan dua rata-rata dengan nilai Selain itu, uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai sig. , yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara KBKM siswa sebelum dan sesudah pembelajaran. Perhitungan skor N-Gain juga menunjukkan bahwa peningkatan KBKM siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, model PjBL berdiferensiasi dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Authors

Candrika Kumaralalita
candrikak_@students.unnes.ac.id (Primary Contact)
Emi Pujiastuti
Tri Sri Noor Asih
Kumaralalita, C., Pujiastuti, E., & Asih, T. S. N. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 3(2), 202–211. https://doi.org/10.55210/tematik.v3i2.2143

Article Details