Pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan Konteks Permainan Lompat Tali pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII

M samson Julian Saputra, Indah Widyaningrum, Helni Indrayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan konteks permainan tradisional lompat tali terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi perbandingan berbalik nilai di kelas VII MTs Negeri 2 Empat Lawang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-H yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis yang mencakup indikator pemahaman konsep, yaitu menyatakan ulang suatu konsep, menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, dan menggunakan prosedur atau operasi matematika tertentu. Teknik analisis data dilakukan dengan menghitung nilai rata-rata pretest dan posttest, serta menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan bantuan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa dari pretest sebesar 38 menjadi 85 pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan CRT dengan konteks permainan lompat tali dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, pendekatan ini juga meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Authors

M samson Julian Saputra
samsonjulain@gmail.com (Primary Contact)
Indah Widyaningrum
Helni Indrayati
Saputra, M. samson J., Widyaningrum, I., & Indrayati, H. (2025). Pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan Konteks Permainan Lompat Tali pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII. Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 3(2), 164–173. https://doi.org/10.55210/tematik.v3i2.2168

Article Details