Analisis Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Teori Tomlinson

Wulan Haliza, Prahesti Tirta Safitri, Rika Sukmawati

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan indikatornya. Penelitian merupakan  jenis penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan 32 siswa sebagai subjek, dengan pengumpulan data melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan wawancara untuk mendalami respons siswa. Analisis data menggunakan penyajian data deskriptif, reduksi data wawancara dan menarik kesimpulan.  Hasil analisis mengindikasikan kemampuan siswa secara keseluruhan tergolong baik, dengan nilai rerata 71. Mayoritas siswa (21 orang) menunjukkan kemampuan pemahaman konsep pada kategori tinggi, siswa dengan kemampuan sedang (8 orang) dan rendah (3 orang). Secara spesifik, siswa menunjukkan kekuatan dalam indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika dan menerapkan konsep secara algoritmik. Pada indikator penerapan algoritmik, mayoritas siswa berhasil menjawab dengan benar, meskipun terkadang ditemukan kesalahan yang diakibatkan oleh kurangnya ketelitian. Kemampuan siswa berada pada kategori sedang untuk indikator menyampaikan kembali suatu konsep, di mana banyak siswa masih kesulitan dalam memberikan definisi dan alasan yang tepat mengenai bentuk aljabar. Indikator terlemah yang ditemukan adalah kemampuan menerapkan konsep dalam pemecahan masalah. Hampir seluruh siswa belum mampu mencapai indikator ini, terutama dalam menyelesaikan soal cerita ke bentuk aljabar serta melakukan operasi aljabar yang selaras dengan aturan operasi aljabar, serta menunjukkan adanya kesulitan dalam menyelesaikan pemahaman konsep matematika dasar yang signifikan. Hasil kesimpulan penelitian masih terdapat celah signifikan pada aspek elaborasi konsep dan aplikasi konsep dalam konteks pemecahan masalah. Temuan ini menggarisbawahi perlunya strategi pembelajaran yang lebih terfokus pada penguatan pemahaman dasar secara bertahap, khususnya untuk indikator-indikator yang masih menunjukkan kelemahan.

Authors

Wulan Haliza
wulan.haliza@umt.ac.id (Primary Contact)
Prahesti Tirta Safitri
Rika Sukmawati
Haliza, W., Safitri, P. T., & Sukmawati, R. (2025). Analisis Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Teori Tomlinson. Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 3(2), 141–151. https://doi.org/10.55210/tematik.v3i2.2183

Article Details