Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis augmented reality yang terintegrasi dengan pendekatan saintifik guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan Plomp, yang terdiri atas tahap penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP YBL Natar pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, dengan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 32 siswa dan kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran augmented reality yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis berdasarkan hasil validasi ahli dan respon pendidik serta peserta didik. Selain itu, hasil uji-t terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05, yang berarti media ini efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Authors
Copyright (c) 2025 Saeful Alfiansah, Sugeng Sutiarso, Rangga Firdaus, Caswita Caswita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.