Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient

Raudhatul Jannah, Wulandari Wulandari, Fitri Ayu Ningtiyas, Hayatun Nufus, Zainul Mujtahid

Abstract

Melalui sudut pandang Adversity Quotient, penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana paradigma Resource Based Learning (RBL) memengaruhi kapasitas siswa untuk belajar mandiri dan penyelesaian masalah matematika. Teknik yang digunakan adalah teknik kuantitatif, dan bersifat kuasi-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Berdasarkan hasil pemilihan, kelas X.9 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas X.10 ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Tiga penilaian yang berbeda diberikan: AQ, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan kuesioner kemandirian belajar. Untuk mengevaluasi data, uji ANOVA dua arah dan Kruskal Wallis digunakan. Uji ANOVA dua jalur atau dua arah digunakan untuk menguji hipotesis perbandingan lebih dari dua sampel dan setiap sampel terdiri dari dua jenis atau lebih secara bersamaan, sedangkan uji Kruskal Wallis adalah salah satu cara uji statistik non parametrik yang dapat digunakan untuk menguji apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok variabel independen dengan variabel dependennya. Efek yang signifikan secara statistik pada keterampilan pemecahan masalah matematika (p = 0,001) dan interaksi antara model RBL dan AQ pada kemandirian belajar (p = 0,031) diamati. Penelitian ini membuktikan bahwa tingkat AQ siswa memengaruhi efikasi RBL.

Authors

Raudhatul Jannah
raudhatul.210710081@mhs.unimal.ac.id (Primary Contact)
Wulandari Wulandari
Fitri Ayu Ningtiyas
Hayatun Nufus
Zainul Mujtahid
Jannah, R., Wulandari, W., Ningtiyas, F. A., Nufus, H., & Mujtahid, Z. (2025). Pengaruh Model Resource Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient. Tematik : Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 3(2), 218–226. https://doi.org/10.55210/tematik.v3i2.2230

Article Details